- See more at: http://www.mybloggerwidgets.com/2013/04/add-snow-falling-effect-in-blogger.html#sthash.H9P4j4nT.dpuf

Wednesday 4 September 2013

janji 17 (part 3)



PART 3


“iya ma...” jawab tian. Seperti nya dia sedang telpon dengan mama nya.
           Setelah telpon itu terputus, tian langsung lari ke atas ke kamar sahabat nya itu. Dan di dapati rahma sedang tidur pulas.
“ma....bangun” tian mencoba membangun kan rahma dengan nada agak manja.
“apa sih? Gw ngantuk, yan...”
“gw suruh pulang sama nyokap gw!”
“hah? Pulang?” rahma langsung melotot dari tidur nya. “ngapain pulang? Bukannya nyokap loe ngelarang loe pulang?”
“gw gak tau. Kata nya penting. Gw balik weekend ini.”
                 Kamis sore tian udah nongkrong di terminal. Dia balik pake bus, atuh iya gak ada transportasi laen yang menuju ke daerah nya. Deket sih Cuma dua jam perjalanan. Berangkat jam empat en nyampe jam setengah enam di terminal, tian harus naek angkot lagi biar nyampe ke rumah nya, tapi tian udah ada jemputan.
                ADI
                Yang jemput tian hari ini. Ternyata adi itu kekasih tian di kampung, dan selama di Purwokerto tian gak pernah cerita sama siapa pun teneang keberadaan adi, bahkan rahma sekali pun. Tian sama adi udah pacaran sejak SMA kurang lebih dua tahun yang lalu. Sekarang adi masih duduk di bangku SMA kelas XII. Merka sebener nya seumuran, tapi adi masuk sekolah nya agak telat jadi nya dia sebagai adik kelas tian.
“aku kangen sama kamu” ucap adi membuka percakapan. “kamu koq baru pulang sekarang? Kamu gak kangen sama aku?”
“kangen koq.”jawab tian, tapi tampang nya sedang bingung kaya yang lagi mikir gitu.
“tapi koq kamu gak pernah pulang? Udah hampir 3 bulan lohh.” Adi diam sejenak. “kamu kemana aja? Gak pernah ngasih kabar? SMS ku gak pernah kamu bales, apa lagi telpon ku yang gak pernah kamu angkat.”
“sorry, aku sibuk, yank!” saut tian dengan raut wajah masih seperti tadi. “ aku pulang di suruh mama. Kata nya ada yang penting, makanya nyempetin pulang.” Tatapan tian hampa ke ujung langit malam itu. “ aku gak pulang bukan nya gak mau ketemu sama kamu, tapi kamu tau sendiri sekarang aku udah kuliah dan tugas awal ku banyak. Jadi, maaf kalo aku gak punya waktu buat kamu.”
“ gak apa-apa, sayang. Aku seneng bisa ketemu kamu hari ini. Love you.” Adi memeluk tian. Tian merasa nyaman banget di pelukan adi. “ love you too, sayank” jawab tian.

                Tian membuka mata nya. Ini pagi pertama dia menghirup udara kampung halaman nya yang  lebih kurang udah 3 bulan dia tinggal kan. Tian emang gak pernah pulang sejak pertama dia ospek sampe sekarang dia baru pulang.
“pagi,sayang...” sapa mama sambil nyium kening anak tunggal nya. Tian anak satu-satu nya di keluarga dia .
“pagi ma..” tian mengeluarkan senyum kecil nya. “gak ada yang beda ya ma, sama seperti 3 bulan yang lalu saat tian pergi.”
“iya, sayang.” Mama meneguk teh yang ada di tangan nya. “ gimana kamu sama adi? Lancar?” tanya mama. Jujur, tian kaget denger pertanyaan mama.
“lancar ma.. sebenar nya apa sih ma yang penting? Sampe tian suruh pulang?” tanya tian penasaran.
“ntar papa kamu aja yang ngomong, mama gak berani.”
“masalah adi?” tian mencoba nebak. Tapi mama hanya diam. “ma... bener kan? Jawab pertanyaan tian!” tian sedikit memaksa.
“mama gak tau harus nyampein nya gimana, tapi kamu tau kan papa gak setuju sama hubungan kamu dengan adi.” Mama pun memaksakan untuk menjawab. Sebenar nya mama setuju aja sama hubungan mereka, selama tian bahagia dan bisa jaga diri. Tapi berbeda dengan papa yang dari awal udah gak suka sama adi, alasannya adi itu adik kelas, gak masuk akal banget.

             Sore hari papa udah pulang kerja. Tian dan mama sedang menikmati acara gosip kesukaaan mama. Udah lama tian gak nonton bareng mama, rasanya kangen banget. Setelah selsai mandi papa juga gabung nontong tv. Awalnya biasa aja, papa nanya-nanya seputar kuliah tian selama ini, dari dosen sampe tugas-tugas tian yang gak ketulungan itu. Tian masih nyaman sama suasana saat itu, masih ada tawa dan canda dari kelurga kecil itu.
“kamu udah ketemu cowok yang cocok sama kamu disana?” tanya papa tiba-tiba. Tian langsung terhenti dari tawanya. Terlihat mama nyengol tangan papa.
“ belum.” Jawab tian ketus. “baru juga 3 bulan udah nanyain cowok, yang jelas-jelas ada disini aja gak papa tanyain.”
“ngapain papa nanyain anak bau kecur kaya gitu? Kaya gak ada pertanyaan yang lebih penting aja.”
“kenapa sih papa benci banget sama adi? Apa salah adi pa?” tian mulai emosi. Papa langsung membalikan muka ke arah lain.
“dia gak baik buat kamu!” jawab papa tanpa noleh ke tian. Sedangkan mama hanya merangkul tian mencoba menenangkan agar tian gak kebawa emosi.
“gak baik gimana? Buktinya selama 2 tahun ini tian gak kenapa-napa! Apa karna adi itu nakal? Bandel? Slengean?” tian gak bisa nahan emosi nya. “ adi gak seburuk yang papa bayang kan. Dia baik, dia bisa jagain tian!” teriak tian sebari meninggalkan mama dan papa nya ke kamar.
“tian...” mama memanggil,tapi tian tetep berlari tanpa meduliin mama, dan papa tetap diam.

                Malam ini adi janji bakal maen ke rumah tian. Dengan hati yang gak karuan tian menghampiri adi yang sudah ada di teras depan rumah. Senyuman adi sedikit menyejukan suasana hati tian.
“ kenapa, sayang? Koq muka nya di tekuk gitu? Gak suka ya aku dateng? Ya udah aku pulang.” Adi melangkah meninggalkan tian, gak lama kemudian tian pun narik tangan adi dan langsung memeluk nya. Adi hanya bengong.
“ aku sayang kamu. Jangan ninggalin aku yaa?” ucap tian lirih. Tian mulai meneteskan air mata.
“kamu kenapa? Ada masalah? Cerita sama aku.” Tian melepaskan pelukannya. Tian diam sebentar mikir dia mau jawab apa.
“aku Cuma gak mau kehilangan kamu. Aku janji aku bakalan ngabarin kamu terus di sana. Aku janji di..” tian semakin terisak.
“iya,sayang aku percaya. Jangan nangis donk, aku gak mau liat kamu nangis.” Adi menghapus air mata di pipi tian.
“kamu gak akan ninggalin aku kan? Maaf ya aku udah kaya gitu sama kamu.”
“gak apa-apa,sayang. Aku ngerti koq!” jawaban adi benar-benar membuat hati tian menjadi sejuk. Aku beruntung bisa miliki kamu, aku sayang kamu. Kamu baik banget, kamu sabar banget ngadepin papa yang sikap nya kaya gitu, batin tian.

No comments:

Post a Comment