- See more at: http://www.mybloggerwidgets.com/2013/04/add-snow-falling-effect-in-blogger.html#sthash.H9P4j4nT.dpuf

Wednesday 18 September 2013

budaya takuburan



BUDAYA TAKUBURAN

Budaya Takuburan adalah suatu acara atau adat kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat dukuh Kosambi Desa Jipang, Kec.Bantarkawung,Kab. Brebes Jawa Tengah. Acara ini hampir mirip dengan acara Bersih Bumi ataupun Sedekah Bumi, yang membedakan yaitu Takuburan ini dilakukan ditempat yang dianggap keramat oleh warga Kosambi.
Dukuh Kosambi mempunyai tempat yang letaknya lebih tinggi dari pemukiman warga yang disebut dengan Astana. Astana ini seperti hutan kecil yang di dalamnya terdapat beberapa kuburan, konon kuburan itu kuburan Arya Penangsang, dan beberapa orang leluhur dari warga setempat, didalam Astana tidak seperti hutan biasanya melainkan tumbuhan yang indah dan dekorasi tempat yang nyaman seperti istana.
Acara Takuburan sederhana, semua warga Kosambi datang ke Astana dengan membawa makanan tradisional seperti ketupat, jajanan pasar, gorengan, dll. Setelah semua sampai di dalam  Astana biasanya ada sambutan dari kepala Desa Jipang, orang yang dituakan di Kosambi dan ustadz atau kiyai yang akan memimpin doa. Warga duduk berjejer sepanjang jalan Astana dengan rapi dan makanan yang mereka bawa.
Setelah semua sambutan selesai warga mulai membersihkan Astana, untuk orang yang dianggap penting seperti kepala Desa dan orang yang lebih tinggi derajatnya membersihkan makam/kuburan yang ada didalam yang terletak seperti kamar, untuk warga sendiri hanya membersihkan di sepanjang jalan Astana.
Setelah bersih-bersih selesai warga berkumpul lagi untuk bertukar makanan yang mereka bawa. Jadi semacam ada pesta rakyat didalam Astana. Warga sangat senang bila acara ini akan tiba, mereka memperiapkannya dengan membuat makanan dan mereka senang bisa berbagi dengan warga lain.
Tujuan acara Takuburan ini yaitu untuk mengenang dan mendoakan leluhur mereka yang sudah berjuang untuk dukuh ini, semacam penghormatan kepada pahlawan. Acara ini juga bisa menjadi wadah untuk kita bersyukur atas rahmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Karena diacara ini tidak ada perbedaan antara si miskin dan si kaya, semua melebur bergabung menjadi satu.
 Makna dari bertukar makanan sendiri yaitu bahwa kita sebagai manusia tidak pernah hidup sendiri, harus akur/rukun dengan tetangga. Kita tidak boleh pelit kepada orang lain apalagi dengan tetangga sendiri. Warga juga bisa memaknai arti saling berbagi,yang biasanya dirumah sibuk dengan pekerjaan masing-masing dan tidak dapat menyapa tetangganya sendiri, disinilah mereka dapat saling bertemu,bercerita,tertawa bersama berbagi kebahagiaan dan melupakan sejenak semua masalah dan beban yang merekan pikul. Karena pada hakekatnya berbagi itu indah.

1 comment: